Mahameru

G. SEMERU, JAWA TIMUR 3676 MDPL

Kali ini sebelum cerita, saya akan memberikan sedikit budget & ittenary saya, monggo dilihat :

Budget

Pasar Senen-St. Malang (Matarmaja) Rp. 56.000,- (Ekonomi)
 St. Malang-Pasar Tumpang (Angkot Biru) Rp.10.000,-
 Pasar Tumpang-Ranupani (Jeep) Rp. 450.000/10 atau 12 orang = Rp. 45.000,-
 Ranu Pani-Pasar Tumpang (Jeep)Rp. 450.000/10 atau 12 orang = Rp. 45.000,-
 Pasar Tumpang-St. Malang (Angkot)  Rp.10.000,-
 St. Malang-Pasar Senen (Matarmaja)(Eko AC) Rp. 130.000,-
 Logistik Makanan 3 Hari 2 Malam selama Perjalanan Rp 350.000/5 orang = Rp. 70.000,
 Tiket Masuk + Kamera + Tenda = Rp. 50.000/5 orang (tahun 2013, skrg 2014   37.500/orang)

Jadi total keseluruhan budget untuk pendakian ini kurang lebih 350.000 - 500.000 (sama oleh2x)
Cukup mahal tapi puas gak bakal nyesel habis dari semeru....hehheheh

Ittenary

Hari 1
14.00 - 14.30 Kumpul di Pasar Senen (Check In Kereta Api)
14.30 - 14.45 Cari Tempat duduk sesuai tiket & Kereta Melaju

Hari 2
14.45 - 07.30 Tiba di St. Malang
07.30 - 08.30 Bebersih + Sarapan
08.30 - 09.00 Menuju Pasar Tumpang
09-00 -11.00 Menunggu Jeep (Harus Penuh 12 orang baru jalan/klo mau cepet carter 450 ribu)
11.00 - 13.00 Perjalanan menuju Ranu Pari
13.00 - 15.30 Daftar Ulang pendakian, Ishoma
15.30 - 20.00 Perjalanan Menuju Ranu Kumbolo
20.00 - 08.00 Bermalam di Rakum, Istirahat untuk perjalanan selanjutnya
08.00 - 13.00 Perjalanan menuju kalimati

Hari 3
13.00 - 24.00 Ngecamp di Kalimati, Ishoma
24.00 - 05.30 Perjalanan menuju Mahameru
05.30 - 08.30 Foto2x di Mahameru
08.30 - 09.30 Menuju Kalimati
09.30 - 14.00 Packing2x dan Ishoma, melanjutkan perjalanan turun
14.00 - 23.00 Sampai di Ranu Pani

Hari 4
23.00 - 07.00 Buka Tenda di Ranu Pani, Ishoma
07.00 - 08.00 Siap2x Packing dan Pulang ke Malang
08.00 - 10.00 Perjalanan Ranu Pani ke Psr. Tumpang
10.00 - 13.00 Istirahat & Beli Oleh2x
13.00 - 14.00 Menuju St. Malang
15.00 - 08.00 St. Malang ke St. Jatinegara

Demikian Budget dan Ittenarynya ya guys, next sedikit petualangan kami....
Salam Rimba ...

Selasa, 4 Juni 2013

Alhamdulillah dapet juga cuti 3 hari dari kantor, siang ini saya dan teman teman yg berjumlah 5 orang janjian di St. Pasar Senen Jam 2 siang, karena kereta matarmaja jalan sekitar jam 14. 30. Karena mayoritas kami area bekasi rumahnya (Saya, Codot & Desman) dan 2 lagi arah nan jauh dr bekasi. Jadi saya memutuskan untuk janjian di St. Pasar Senen dan jangan sampai telat :D.

Karena belum packing fix, hari ini jadi terburu buru berangkatnya, untung dengan baik hati orang tua dari codot mau antar sampe st. kranji, agar masih keburu naek comuter line. Pas banget nyampe St. Kranji langsung dtg comuter linenya. Tapi agak sedikit kaget ketika cemilan cepuluh ketinggalan di mobil ortunya codot. Tapi gpp yg penting gk ketinggalan kereta.hehhehehe

Pas Banget nyampe St. Senen jam 2 siang, segera kami menelpon 2 teman lg (Ikhwan & Rendy), tak jauh dari tempat kami menelpon, akhirnya kita bertemu dan berkumpul. Lansung bergegas ke pintu masuk untuk check in masuk kereta.

Tidak laa setelah check in, matarmaja pun datang, dengan sigap para pria langsung mencari tempat duduk dan merapihkan cariel yang kami bawa. Didala kereta kamipun bercerita sambil bercanda dan tidak lupa memberli cemilan dan makanan untuk mengisi perut yg kosong dr pagi. Malam pun menjelang, kamipun tidur bergantian untuk hemat tenaga perjalanan esok hari.

Rabu, 5 Juni 2013

Jam 7 pagi akhirnya matarmaja pun tiba di St. Kota Malang Lama, karena dr jakarta saya sudah menghubungi teman saya yg ada di Malang yg akan mengantarkan kami sampe pasar tumpang (lumayan irit)..hehheheh...makasih ya erik alias tukir :). Tiba di St. Kota Malang tukir pun sudah menunggu. Saya pun langsung menghampirinya dan meminta waktu sebentar untuk  kami bebersih, istirahat dan sarapan. Dan tukir pun dengan sabar mau menunggu.

Sarapan di St. Kota Malang
Setelah sarapan dan bebersih selesai, kami pun bergegas memasukan bawaan kami di mobilnya tukir, lebih seneng lagi tukir ngasih tambahan makanan buat hiking yaitu ayam ungkep 1 ekor, telor asin + ikan asin. Bener-bener makasih deh sama temen yg 1 ini, baik banget....makasih lagi ya tukir, maaf merepotkan (semoga tukir baca blog ini)...hhehehhe

Siap-siap Berangkat menuju Ps. Tumpang

Selama kurang lebih 1 jam dr St. Kota Malang Lama menuju Ps. Tumpang, kami di mobil bercerita dan mengobrol bersama. Sesampainya Ps. Tumpang, kami mengucapkan terima kasih kepada tukir yg sudah mengantarkan kami sampai Ps. Tumpang, dan dya pun berkata "sesama teman harus saling membantu, nanti pulang saya jemput lagi di Ps. Tumpang, telpon aja klo udh di Ranu Pani". Kata kata ini yang buat hati tertegun, orang malang tuh solidaritasnya tinggi y.

Setelah tukit pergi, kami pun menunggu jeep yang cukup lama. kurang lebih 2 jam, kami menunggu udh kayak pengungsi,,,hhehheh

Menunngu Jeep

Akhirnya datang juga nh jeep yg ditunggu-tunggu, enaknya rombongan si yang lebih dr 10 orang jeep langsung berangkat. Karena kami hanya berlima, kamipun mencari barengan pendaki lain yg jumlahnya sdikit pula, akhirnya terkumpul juga 12 orang. Langsung naikin cariel ke jeep dan jangan lupa narsis #ehheheh.

Narsis....

Langsung berangkat cus ke Ranu Pani menaiki jeep, pemandangan menuju ranu pani benar-benar indah. Tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Sempat jeep rusak juga loh menuju rani pani, alhasil kita turun dulu sambil menunggu perbaikannya.
Jeep Mogok

Para Jagoan Istirahat

Pemandangan G. Bromo

Setelah jeep selesai diperbaiki, lanjut lagi kita menuju ranu pani. Setelah nyampe di Ranu Pani, istirahat solat sebentar langsung menuju Pos Pendaftaran. Jadi Pendaki mesti lapor, biar jadi Pendaki Legal :). Selagi saya daftar ulang, temen2x pada nyolong start narsis nh,,,heheheh

Ranu Pani

Parkir Ranu Pani

Menuju Pos Pendaftaran

Resort Ranu Pani

Pos Pendaftaran

Jalur Semeru

Daftar ulang masih 10 ribu/orang , kamera bayar, bawa tenda pun bayar. Sekarang sepertinya pendaftaran naik dh jadi 37500/orang. Setelah administrasi selesai, saya menuju yang lainnya. Sebelum lanjut hiking ke Ranu Kumbolo alangkah baiknya kita isi perut dulu..hheehhheeh

Setelah perut terisi dan tenaga sudah terkumpul lagi petulangan pun dimulai dari sini.

Lets Go to Ranu Kumbolo

Tepat setelah makan dan solat ashar kami pun langsung menuju ranu kumbolo yang biasanya ditempuh 4-6 jam dengan berjalan santai. Kami berlima menuju ranu kumbolo tepat jam 8 malam dengan berjalan santai dan istirahat yang cukup banyak juga yaitu sekedar makan dan minum. Track menuju ranu kumbolo ini bisa dibilang track yang masih landai dan mudah dilewati walaupun agak panjang.

Kami memutuskan untuk mendirikan tenda pertama di Ranu Kumbolo dan meneruskan perjalanan esok pagi. Kami membagi tugas setelah sampai di Raku Kumbolo, untuk saya memasak, desman dan codot mendirikan tenda, ikhwan dan rendi ambil air untuk memasak makan malam dan pagi. Kami pun bergegas melakukan tugas kami masing2x. Sebagai pembuka malam ini kami makan nasi, ayam goreng, mie rebus, telor asin, tumis sayur, teh manis,susu dan kopi (perbaikan gizi nh diatas gunung). cukup waktu 1 - 2 jam kami ishoma (istirahat, solat, makan). Kami pun makan bersama, bercanda dan bergurau bersama. Malam pun telah memanggil, kami berlima pun bergegas untuk esok hari, agar kondisi fresh.

Gapura Selamat Datang TNGS

Pos 1

Kamis, 6 Juni 2013

Jam setengah 6 kami berlima bangun, solat subuh dan langsung narsis nh para jagoan. Berhubung saya wanita, gk sempet narsis, saya harus menyiapkan makanan untuk para jagoan sebelum melanjutkan perjalanan,,,hehheh

Pagi ini menunya adalah : Roti, Susu, Nasi, Ayam Goreng, Teh manis dan kopi susu. Saya sibuk memasak dan menyiapkan makanan, Para jagoan sibuk foto-foto...hadehhh, nasib jadi wanita :D

Kemah Ranu Kumbolo

Sunrise di Danau Ranu Kumbolo

Ini Ranger Desman

Ini Ranger Rendy dan Ikhwan

Ranger Codot

Dimana mana masak....:D

Yang masak boleh donk narsis juga

Setelah makanan siap langsung para jagoan menghajar makanan , sekarang waktunya para para jagoan packing-packing cariel dan tenda. setelah semuanya selesai, kami pun foto bersama dan melanjutkan perjalanan menuju Kalimati.

Pasukan 5 Jawara

Dari Ranu Kumbolo kami menuju kalimati, tapi harus melewati Tanjakan cinta dulu, 15 menit, Disini kononnya ketika nanjak sambil memikirkan orang yang kita sayang dan tidak boleh menengok ke belakang, agar yang kita pikirkan jadi kenyataan. Alhasil saya yg disuruh foto-foto para jagoan saat nanjak dan mereka tidak mau motoin saya karena takut menengok ke belakang....hadehhh,,,aya...aya...wae -___-"

Para Jagoan serius membayangkan orang yang disayang

Tanjakan Cinta

Maju terus Pantang Mundur
Cukup lelah juga, karena tanjakan cinta ini cukup terjal, bisa sampe 15-30 menit lah menanjak tanjakan ini, sesampainya diatas kami pun istirahat minum saja. Setelah minum kami melanjutkan perjalanan menuju kalimati, setelah tanjakan cinta, lanjut padang lavender alias oro oro ombo yg luasssssssss sekali....

ini teman-teman oro-oro ombo, kali ini lavendernya lagi mekar loh, dan cuaca sedang tidak bersahabat nh teman.

Karena cuaca yang tidak bersahabat, kami bergegas menuju kalimati dan istirahat sejenak di cemoro kandang.

Setelah istirahat 15 menit, kami melanjutkan menuju kalimati, kali ini tidak boleh istirahat lama lagi, karena cuaca sudah mendung. Akhirnya kami sampe juga di kalimati jam 2an. Disini seperti di Rakum pembagian tugas segera dijalankan tanpa ada perintah dari siapapun.Lumayan cukup jauh juga nh ambil airnya di Sumber Mani, PP bisa 1 jam loh.

Karena kami tau nanti malam harus sudah berangkat ke puncak, maka setelah makan dan solat kamipun bergegas tidur dan menyiapkan perlengkapan yg harus dibawa ke puncak.

Bisa dibilang perjalanan dari Ranu Pani - Kalimati bisa dibilang standar karena tidak terlalu terjal.

Kalimati

Sumber Mani
Setelah solat isya kamipun tidur, karena jam 12 malam kami harus bangun dan melanjutkan perjalanan menuju Puncak MAHAMERU

Jumat, 7 Juni 2013

Tepat jam 12 malam dini hari kami berlima bangun, sebelum menanjak saya membuat teh dan kopi dulu buat teman2x biar melek,,,hehehheh. Karena jam segini seharusnya tidur nyenyak, tp demi melihat keindahan Mahameru kita bela2xin bangun dan melanjutkan perjalanan dan membawa perlengkapan dan minuman. Jangan lupa pake 3 jaket tebal karena suhu disini mencapai 0 derajat bahkan minus.

Jam 00.15 kamipun melanjutkan perjalanan menuju puncak, bukan hanya kami berlima yang melanjutkan perjalanan akan tetapi ratusan pendaki pun juga melanjutkan perjalanan.

Track kali ini benar2x menguras tenaga dan extra terjal,,,setengah jam perjalanan kami pun sudah lelah dan letih, kamipun istirahat di Arcopodo.

Arcopodo
Lanjut menuju Puncak Mahameru, bener-bener perjuangan extra, banyak pendaki yang menyerah setelah setengah perjalanan. Waktu pun beranjak pagi, sempat menyerah juga tp takut di cengin ama anak2x jadi tetep harus melanjutkan perjalanan. Temen-temen sudah sampai puncak dari jam 5, dan saya dengan semangat 45 sampe jam 8 pagi, gpp dh siang nyampenya yg penting sampe Mahameru. Tidak menyesal walaupun perjuangan dan usaha yg cukup keras demi menggapai puncak ini. Berikut keindahan Mahameru.

Langsung menikmati minuman segar dan Bernarsis ria. Alhamdulillah cuacanya cerah, jadi foto pun jelas dan indah :)

Dari gambar diatas teman-teman bisa bayangkan sendiri jalur menuju puncaknya seperti apa, hanya niat dan keteguhan hati yang bisa membawa kita ke puncak tersebut.

Setelah jam 08.30 seluruh pendaki harus turun, karena akan ada asap beracun yang keluar. Yang pasti perjuangan masih belum selesai, karena target kami hari ini harus sudah sampe Ranu Pani lagi.

Menuju kalimati dengan hati-hati karena jalan dr puncak ada jurang kanan kiri yg sudah menewaskan banyak orang karena ketidak hati-hatian mereka. Sampe di Kalimati jam 11 siang. Seperti biasa kami melakukan perkerjaan masing2x.

Setelah Ishoma, hujan pun turun, demi melanjutkan perjalanan, kami bersiap dengan menggunakan rain coat agar cepat sampai di Ranu Pani. Cepat alias ngebut tapi kami tidak lupa foto di tempat2x atau spot yg belum sempat di foto.

Perjalanan menuju Pos Pendaftaran Ranu Pani Jam 11 malam, karena pos sudah tutup, akhirnya kami memutuskan untuk istirahat mendirikan tenda di depan resort. Menunggu pagi sambil melepas lelah akibat kebut turun...hehhehe

Sabtu, 8 Juni 2013

Jam 7 pagi kami bangun, beberes dan narsis, tidak lupa daftar bahwa kami sudah sampai bawah. Setelah semuanya selesai kami melanjutkan ke Ranu Pani untuk naik jeep.
Karena kami buru2x menuju pasar tumpang takut ketinggalan kereta, akhirnya kami sewa jeep untuk 8 orang, jadi harganya kena mahal juga. Ya gpp lah drpd ketinggalan kereta balik :D

Sesampainya di Ps. Tumpang, teman kami Tukir sudah menunggu dan menjemput, dya mengajak kami semua untuk istirahat di rumahnya terlebih dahulu untuk bebersih dan mandi. Setelah selesai istirhat dan mandi kami pun diantarkan tukir beli oleh-oleh, selesai beli oleh-oleh, kamipun menuju St. Kota Malang.

Demikian petualangan kami berlima,,,semoga membantu para pendaki yang ingin pergi ke G. Semeru ini.

Ada beberapa pesan dari saya untuk para pendaki pemula itupun termasuk saya :

Jangan pernah sombong saat mendaki, siapkan fisik dengan olah raga sebelum pergi mendaki, jaga kondisi kesehatan, Jangan malu bicara ketika lelah, Tetap kerja sama di atas gunung, Satu lagi jaga kebersihan di gunung, bawa sampah sampai kebawah. Ingat etika pendakian. Jangan sampai teman-teman yang mendaki tanpa persiapan bukannya kenangan yg didapat tapi malah kejadian buruk. Jangan anggap remeh setiap gunung yg anda daki,,,

Yang mau mendaki bisa ajak saya lagi,,,,hehhehe

Mau nanya bisa sms ke saya, saya senang berbagi info sesama pendaki :

WA/SMS : 081281900150 (Leny)