Green Canyon, Pangandaran & Batu Karas

Anak Pantai & Teman Baru ala Green Canyon

Kali ini ittenary dan budget gk bisa di paparkan satu persatu, karena saya bareng group di sosial media. Awal cerita kenapa saya bareng group sosial media ini, karena teman-teman yang saya ajak ke green canyon membatalkan perjalanan karena ada acara mendadak. Alhasil tidak mengurangi rasa penasaran saya untuk mencari info untuk pergi kesana.

Mencari info di mbah yang paling genius di dunia maya, akhirnya saya menemukan 1 group FB bernama Wisata Bareng. Group ini mengadakan perjalanan menuju Green Canyon dan saya pikir harganya masuk budget backpacker juga hampir sama dengan yang saya rincikan. Mungkin sedikit saya kasih gambaran ya ittenary dan budgetnya kalo mau jalan sendiri.

Terminal Kp. Rambutan - Pangandaran                      Rp. 60.000
Angkot Menuju Green Canyon (Cijulang)                   Rp.   5.000
Cijulang - Green Canyon (Ojek)                                       Rp.   5.000

Untuk Body Raftingnya sendiri nh :

Sewa Perlengkapan + Guide, dll /Paket                       Rp. 135.000/orang
Home Stay + Makan 2 x                                                      Rp. 150.000/orang

Green Canyon - Cijulang (Ojek)                                        Rp.     5.000
Cijullang - Pangandaran (Angkot)                                   Rp.     5.000
Pangandaran - Kp. Rambutan                                           Rp.  60.000

Jadi Total Keseluruhan Kurang Lebih 500.000 klo mau jalan sendiri tanpa group klo bareng group gitu bisa mpe 700.000 kalo gk mau ribet ....hehehheh, ya namanya backpacker pasti memilih harga yg lebih murah, lumayan beda 200.000 mah, bisa beli oleh2x, klo mau hemat lagi bawa tenda jadi paling pengeluaran jadi 400.000 dan lebih seru kykna (mesti di coba).

Oke ini saya lampirkan ittenary dari Group yg saya ikuti, sebenarnya ittenary itu harus disesuaikan dengan kemauan kita jadi gk perlu berpatokan ya sama itternary ini.

Hari Pertama 19.30 - 19.45 Meeting point: CARREFOUR LEBAK BULUS, JAK-SEL

09.45 – 14.00 Body Rafting. dapat snack dan makan siang
14.30 – 15.00 Perjalanan ke Pantai BATU KARAS
15.00 – 16.00 istirahat dan Sholat
16.00 - 18.00 acara bebas di pantai Batu Karas: water sports(biaya pribadi) sampai Sunset
18.00 – 20.00 kembali ke Homestay, makan malam di homestay, perkenalan dan sharing
20.00 - Acara Bebas. bisa ke pantai lagi karena Homestay dekat pantai :D

Hari Ketiga 07.00 - 08.00 Sarapan di homestay dan check out
08.00 - 09.00 Perjalanan ke Pantai Pangandaran
09.00 - 12.00 Cagar Alam Penanjungan via perahu nelayan dari Pantai Pangandaran
12.00 - 13.00 ISHOMA (belanja oleh2 dan kuliner bebas, biaya masing2)
13.00 - 21.00 perjalanan pulang ke jakarta

Oke saya mulai saja cerita yg saya alami  dari perjalanan ini ya :

Jumat, 28 Maret 2014

Karena jadwal kumpul di Lebak Bulus jam 7 malam, saya izin pulang cepet dari kantor karena rumah saya dibekasi dan takut telat (sok disiplin)...hehhehe
Dari rumah naek angkot menuju halte walikota dan dilanjutkan naik busway sampe Kp. Rambutan dan disambung lagi bus warna kuning tujuan Lebak Buluk. Turun depan carefour persis.

Karena saya gk ada temen bareng, saya langsung menghubungi PIC Group untuk menanyakan kumpul dimana, ternyata kumpul di KFC depan, untung ada teman yg kerja di carefour jadi saya menghubungi dya saja, biar saya ada temen ngobrol dahulu. Sesampainya di KFC bertembu dengan PIC Group namanya Mba Diah, saya pun berkenalan dengan dya tp ada juga peserta lain yg sudah datang namanya Risty, oke fix. Risti adalah teman baru yg saya kenal saat itu. Sambil menunggu peserta yg lain datang, saya pun menghampiri teman saya Ratna yg berkerja di Carefour untuk menemani ngobrol, sebenernya si  modus saya biar di traktir Ratna karena dya ulang tahun...hehheh

Ratna pun selesai bekerja langsung menghampiri saya dan saya langsung nagih traktiran, tepat banget saya dtg karena dya lg dpt bonus, Alhamdulillah rejeki anak Soleh,,,wkakkakak
Lumayan makan malam gratis. Setelah selesai makan, Ratna berpamitan untuk pulang karena sudah malam, saya pun langsung bergabung dgn group yg saya ikuti. Karena saya ikut group ini sendiri, ya awal mula saya hanya diam seribu bahasa,,,,hehehhe (takut disangka SKSD) :D.

Tepat jam 8 malam setelah semuanya berkumpl, kami 1 group mulai menghampiri bus yg telah di charter group ini. Di depan carrefour lebak bulus tepatnya kami menunggu, lumayan 30 menit menunggu busnya karena terjebak macet. Akhirnya bus pun datang, kami satu persatu mulai menaiki bus tersebut, saya pun memilih bangku dibelakang supir dan dekat jendela agar bisa istirahat tidur. Di bus pun ada beberapa yg sudah kenal mereka ngobrol dgn asik dan bercanda untuk menghilangkan kejenuhan di perjalanan. Karena saya tidak ada yg kenal, saya pun menjadi pendengar yg baik saja. Mereka semua bercerita tentang pengalaman mereka masing-masing ketika trip. Ternyata teman-teman baru saya ini mayoritas suka backpackeran dan jalan-jalan.

Akhirnya PIC Group ini yg 1 nya lagi mengajak bicara saya. "Leny diem aja". Saya hanya menjawab, saya jd pendengar yg baik saja. Tp PIC tersebut membuat suasana menjadi tidak kaku. Dan alhasil hampir semua org di dalam bus saling ngobrol. Karena sudah lelah, lama2x satu persatu pun dari kami mulai tidur.

Sabtu, 29 Maret 2014

Karena hari libur kejepit nasional nh, jalanan pun macetnya luar biasa, harusnya jam 7 pagi kami sudah berleha leha alias istirahat, ternyata kami masih dlm perjalanan, yg waktu tempuhnya 3 jam lagi baru sampai.

Rencana bermalam di Pangandaran, tp karena waktu yg tidak memungkinkan akhirnya kami bermalam di Home Stay deket GC. Sesampainya di Homestay, kami langsung merapihkan dan memilih kamar untuk tidur. Kali ini saya 1 kamar dengan Mba Lenny dan Mba Nina, teman baru nambah juga...hehehe.

Setelah beberes, makanan pun akhirnya datang, kami langsung menyantap makanan tersebut dengan lahap. Kemudian PIC dr group ini menginfokan bahwa setelah makan kami harus bergegas mengexplore GC alias Body Rafting. Ittenarynya sudah tidak dipakai lagi, gara2x macet, jadi dikondisikan saja waktunya seefektif mungkin :).

Kamipun bersiap siap memakai perlengkapan untuk Body Rafting, memakai safety prosedur (Helmet, Pelampung, Dekker dan sandal gunung), semua perlengkapan tersebut sangat penting dalam penelusuran. Setelah siap, kami semua pun menuju mobil bak yg angkat mengangkut ke titik point awal dan tidak lupa kami abadikan alias Narsis bersama.

Menuju Titik Point
Setelah kami semua naik mobil, mobil pun akhirnya berjalan menuju titik point. Sesampainya di titik point, kami semua tidak langsung melakukan penelusuran. Sebelum penelusuran kami di beri pengarahan alias briefing oleh guidenya, agar tidak terjadi incident yg tidak diingkan. setelah briefing selesai, kami berdoa dahulu agar penelusuran kami ini berjalan lancar.

Briefing

Berdoa
Oke, semua persiapan sudah selesai....
Lets begin for Adventure....

Petualangan kali ini benar-benar memacu adrenalin, menelusuri derasnya arus sungai, dan melompat dr ketinggian 7-10 m.

Menuju Sungai

PIC 1 Mba Diah

Body Rafting

PIC 2 Coim

PIC 3 Bg Ucup

Siap-Siap Loncat 10 m :D

Istirahat dulu laper :D

Finish juga Narsis juga :)

Narsis Sambil Nunggu Perahu Jemputan

Udah kayak pengungsi...hehehhe

Gk di air gk di perahu, pada sadar kamera :D

PIC kita kehausan nh :p

Ini saya :D
Fresh, Mba Nina dan Saya

Mba Nina, Fresh dan Mba Leany

Saya, Mas Satria dan Pak Eris

Kompaknya peserta dan PIC :D

Bisa dilihat lewat foto kan gimana serunya perjalanan kali ini, dibutuhkan mental dan keberanian yang cukup loh,,,,heheheh (lebay dikit). Awalnya kami semua tidak akrab sama sekali tapi lewat momen ini, kami pun seperti mempunyai teman/sahabat seperti keluarga kami sendiri. Setelah lelah, letih, lesu kamipun kembali menuju homes stay untuk ishoma (istirahat, sholat & makan).

Setelah Ishoma, ada acara perkenalan satu persatu sambil menceritakan pengalaman perjalanan kami masing. Gk disangka loh mayoritas sudah sering jalan didalam negeri maupun luar negeri, kami pun menukar no hp dan sharing2x pengalaman malam itu. Jam 12 menunjukan waktu setempat, mata kamipun sudah layu, satu per satu dari kami pun sudah menuju pulau kapuk. Harus simpen tenaga, soalnya besok masih ada perjalanan,,,,hehehe

Minggu, 30 Maret 2014

Bangun pagi, mandi dan tidak lupa gosok gigi,,,hehheh
Habis itu liat ke ruangan sudah tersedia sarapan pagi, khas bgt disini sarapannya, sambelnya mantap.

Sarapan Kali ini
Setelah selesai sarapan, kami keluar untuk foto-foto, karena kami akan menuju pantai Pangandaran dan sekaligus menuju perjalanan pulang. Dan tidak lupa kami membawa bekal makan siang, biar nanti tidak usah repot kesana kemari cari makanan.

1 Team Full

Aristy, Saya, Gita, Mba Nina, Fres

Di Bus masih ada yg sadar kamera colek Fitra :D

Saya jadi juragan nasi box nh :p
Setelah semuanya siap dan tidak tertinggal, kami pun mulai berjalan menuju Pantai Pangandaran yg katanya disana ada Cagar Alam Pananjungan yg masih masih bagus. Oke kita liat saja nanti sebagus apa sich.

Setiba di Pantai Pangandaran, buset penuh alias ramai padat penduduk, cari parkiran susah, dan kami pun terpaksa turun duluan menuju pantai, dan supir mencari tempat parkir. Siang bolong terik matahari berasa diatas kepala kykna. Tapi walaupun panas kita semua masih narsis loh, sambil nunggu Bg coim nego perahu buat nyebrang ke Cagar Alam Pananjungan.

Setelah 15 menit Bg coim melakukan nego akhirnya kita dapet juga perahu, ayo kita nyebrang2x...

Finally nyampe juga nih di Cagar Alam Penanjungan, disini masih banyak monyet liar, sampe kita gk boleh loh kasih makan atau minum ke mereka, karena itu mengajarkan monyet perilaku sebagai manusia, waduh gawat juga ya klo kita disamain sama monyet...gk mau kan, jadi jangan melanggar peraturan ya.

Di Cagar Alam ini selain masih hutan yg cukup rimbun, disini juga da beberapa goa yg bisa kita explore dan setiap goa mempunya sejarahnya masing, klo mau tau sejarahnya kesini langsung ya, biar gk penasaran lagi. ada juga punden berundak alias batu-batu peninggalam zaman pra sejarah dulu.

Daripada saya cerita panjang lebar mending langsung saya kasih foto-fotonya, siapa tau tertarik datang kemari.

Setelah selesai menjelajah, waktunya kita pulang, PUAS rasanya 3 hari 2 malem bisa mengexplore keindahan alam indonesia. Jadi gk perlu jauh-jauh ke luar negeri, di Indonesia masih banyak loh tempat-tempat yang indah yang bisa kita kunjungi.

Jadi nikmatilah waktu kita, jangan terlalu sibuk bekerja, terkadang kita juga perlu refreshing. Sisihkanlah budget kita untuk refreshing.

Sampai Jumpa di Next Perjalanan y...