Read Aloud for Kids

 Membacakan Nyaring Pada Anak

Dok. Bekasi Read Aloud

Sebagai orang tua dengan 2 anak yang masih berusian 4 dan 8 tahun, saya merasa perlu meningkatkan kemampuan literasi anak-anak agar menjadi pembelajar sepanjang hayat. Salah satunya adalah dengan membacakan nyaring.


Sesi Talkshow (Dok. BeRA)




Sebagai seorang orang tua tentu tidak hanya anak yang perlu belajar, tetapi orang tua pun harus menjadi pembelajar sepanjang hayat. Salah satu cara belajar yang saya lakukan adalah berdiskusi bersama dengan para orang tua lainnya.

Sabtu, 09 September 2023 Alhamdulillah berkolaborasi dengan teman-teman Volunteer Bekasi Read Aloud dalam rangka memperingati Hari Aksara Internatonal. Kegiatan ini dilakukan di Blu Plaza Bekasi yang sedang mengadakan Kegiatan UMKM bersama. Adapun terselenggaranya kegiatan ini adalah dari teman-teman Volunteer Bekasi Read Aloud yang sudah menyiapkan semuanya dari awal sampai acara ini berlangsung.

Acara yang diselenggarakan antara lain Membacakan Nyaring oleh Kakak-Kakak Read Aloud Bekasi, lalu dlanjutkan dengan sesi Talkshow orang tua. Mernariknya disini, anak-anak tidak bosan ketika orang tuanya sesi talkshow, karena ada sesi pendampingan membuat sesuatu dari cerita buku yang dibaca atau bisa kita sebut bookish play.

Dipandu oleh Moderator yang berpengalaman, tentu sesi talks show menjadi lebih menarik. Saat berdiskusipun banyak orang tua antusias mengetahui bagaimana cara membacakan nyaring yang menyenangkan untuk anak.

Dok. BeRa - Sesi Q&A


Banyak parang orang tua menyadari ketika baru mempunyai anak pertama, fokus sekali akan literasi anak pertama tersebut, akan tetapi ketika sudah mempunyai anak lebih dari 1, kadang diri sudah mulai lelah akan keadaan, alhasil jadi abai dengan anak-anak selanjutnya. Padahal sejatinya, kegiatan membacakan nyaring ini tidak memerlukan waktu yang banyak, cukup 5-15 menit setiap hari. 

Semoga sesi talkshow ini bisa memberikan insight positif kepada parang orang tua yang hadir. Apresiasi pun diberikan kepada orang tua yang aktif dan semangat belajar bersama dalam sesi talkshow ini. 





Dok. BeRA - Apresiasi Orang Tua



Terima Kasih kepada semua kakak-kakak Bekasi Read Aloud, adik-adik yang sudah bersemangat, para orang tua yang hadir, juga team panitia acara. Semoga Next kita bisa berkolaborasi kembali.

Dok. BeRA - Team Volunteer


 SALAM LITERASI...

0 comments