Kenalan Sama Perpustakaan TIM - Cikini, Jakarta

 


Diresmikan pada Bulan Juli 2022, Perpustakaan Daerah Jakarta Cikini TIM ini menjadi destinasi tempat pilihan bagi masyarakat Jabodetabek. Karena bangunan yang unik dan estetik banyak pengunjung penasaran akan Perpustakaan ini.

Di area bangunan ini sendiri bukan hanya ada Perpustakaan, tapi juga ada bangunan kesenian PD HB Jassin, yang memarkan karya seni dari para ahlinya.

Untuk menuju ke Perpustakaan TIM ini, sebaiknya melakukan booking melalui aplikasi Jaklitera, karena banyak pengunjung yang ingin berkegitan, terkadang pengunjung yang hadir on the spot tidak kebagian kuota atau harus mengantri bergantian dengan pengunjung yang telah hadir terlebih dahulu.

Untuk pengunjung dewasa dan tidak membawa lansia atau anak-anak, untuk masuk ke gedung ini lewat depan atau tangga untuk menuju ke lantai 3. Sedangkan untuk Keluarga yang mebawa anak dan lansia bisa menggunakan LIFT yang ada di bagian samping di gedung ini.

Jalur Samping


Untuk menuju ke Lantai 4 yang di khususkan untuk anak-anak bisa menggunakan jalur samping dimana ada lift, disini pun jika ingin istirahat sejenak banyak UMKM yang menjual makanan dan minuman. Tenang saja disini juga disedikan meja dan kursi untuk bersantai juga.

Bagi pengunjung yang baru pertama kali datang tidak usah takut tersesat, karena petunjuk arah di gedung ini sangat jelas.


Papan Petunjuk


Nah bisa dilihat papan petunjuknya ya, kita ingin kemana dan lantai berapa agar tidak tersesat. Ada 2 Gedung di area ini :

1. Perpustakaan Daerah Jakarta TIM
2. PDS HB Jassin

Ada apa saja sh di 2 Gedung ini 

1. Perpustakaan Jakarta TIM

Sebagai orang tua yang mempunyai 2 orang anak, saya lebih sering ke Lantai 4 Perpustakaan ini karena arena buku anak dan mainan edukasi anak. di lantai ada 2 ruangan yaitu bilik kaca dan 1 ruangan tempat mainan edukasi berada.

Bilik Kaca


Bilik Kaca ini biasa digunakan kegiatan anak-anak seperti Membacakan Nyaring, Bookish Play, Dongeng dan kegitan anak-anak lainnya. Banyak sekali kegiatan yang membuat seru anak-anak bermain dan tidak bosan di Perpustakaan ini.

Mainan  Edukasi


Gimana anak-anak gk betah coba, sebagus ini isinya....heheheh
Buat ibunya, tenang aja ruangan  disini bisa buat foto-foto yang estetik loh...

Salah Satu Spot

Iyakan spot nya gk kalah keren sama ruangan anak-anaknya. Selain dilantai ini, ada juga lantai 5 dimana ada ruangan Pod Cast dan buku lainnya. Lantai 6 pun ada ruangan berkarya dimana sering ada seminar-seminar keren dilangsungkan.

Lantau 5 dan 6 mohon maaf ya fotonya entah keselip kemana...hehheh

2. PDS HB Jassin

Hanya mengingatkan sebelum masuk ke perpustakaan maupun HB Jassin, jangan lupa registrasi dan menyimpan tas di loker yang disediakan ke bagian Informasi & Loker. Disini kita akan diberikan tas bening untuk membawa barang berharga kita. Tidak diizinkan makan dan minum di area dalam Perpus maupun HB Jassin, untuk minum bisa akan tetapi harus menggunakan tumbler.









Klo di PDS HB Jassin sendiri, lebih banyak karya seni yang dipamerkan dari dahulu sampai saat ini. Ada ruangn yang cukup besar kapasaitas 100 orang yang biasa digunakan untuk acara yang butuh peserta ratusan.


Nah, sekilas saja ya tentang Perpustakaan TIM Jakarta dan PD HB Jassin, untuk lebih lanjut bisa kunjungi langsung ataupun bisa cek instagram @perpusjkt.

Sampai ketemu di Perpustakaan yang kece di DKI Jakarta ya....See You 💗


0 comments