Perpustakaan Kemdikbudristek - Jakarta Pusat

 



Perpustakaan Kemedikbudristek beralamatkan : Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Gedung A, Jl. Jenderal Sudirman Lt. 1, Senayan, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270

Jika ingin berkunjung kesini bisa menggunakan KRL, MRT ataupun Busway. Dikarenakan rumah saya dekat dengan KRL maka saya menggunakan tranportasi umum KRL dari Stasiun Cakung turun di Stasiun Sudirman, kemudia lanjut naik MRT dukuh atas turun di MRT Senayan, lalu keluar Exit Kemdikbud. Nah tinggal naik tangga dan sampai langsung di Kantor Kemdikbudristek. Tak Jauh dari pintu masuk mobil atau motor kita langsung lurus aja, di depan sudah ada plang yang tertulis Perpustakaan Kemdikbudristek.


Plang Petunjuk

Kali ini kita bedah isi dari Perpustakaan Kemdikbudristek yang berada masih di kawasan Kementriaan Pendidikan, Kebudayaan , Riset, dan Teknologi. Perpustakaan sekarang sudah mulai nyaman untuk teman-teman pengunjung yang ingin membaca buku ataupun membuat kegiatan yang bisa melibatkan perpustakaan. Disini ada beberapa ruangan yang ada disini. Bukan hanya ruangan yang berisikan buku-buku, tapi ada juga ruangan yang bisa dimanfaatkan masyarakat umum untuk melakukan kegiatan workshop ataupun seminar, bisa juga mengajak anak-anak ke perpustakaan anak yang ada disini, dijamin anak-anak betah disini.

Pintu Masuk Perpustakaan

Selamat datang di Perpustakaan Kemdikbudristek. Dimanapun kita berada harus sopan dan mengikuti aturan yang ada ya. Jangan lupa lapor ke meja recepsionis tentang keperluan kita disini. Di perpustakaan juga memiliki 2 lantai. Lantai pertama ada beberapa ruangan yang bisa digunakan masyarakat umum ataupun komunitas yang ingin membuat kegiatan literasi disini.

Ruangan Lt.1


Salah satu ruangan yang bisa dimanfaatkan untuk berkegiatan. Tapi untuk semua yang ingin berkegiatan disini harus bersurat dan di acc terlebih dahulu. Lanjut ke lantai 2 ya. Karena hanya 2 lantai jadi cukup menggunakan tangga yang unik loh disini.

Tangga Menuju Lantai 2

Seriap kita melangkah disini, kita diajak membaca dan tentunya bacaan yang ada membuat semangat bagi yang membacanya...hehhe

Wah, makin penasaran kan sama lantai 2 nya, tangganya saja sudah unik begini. 
Ada bebarapa ruangan di lantai 2 ini, ada ruangan anak, dan ada ruangan audio video/movie dan tentunya yang mau baca buku bisa banget ya disini , tempat duduk yang nyaman, juga anank-anak kuliah yang mau mengerjakan tugas disini bisa banget.



Nah,dari gambar keliatan banget ya nyamannya perpustakaan ini. Jadi yuk manfaatkan fasilitas yang disediakan pemerintah untuk kita, karena perpustakaan yang ada itu gratis loh untuk didatangi.

Selanjutnya ada ruangan anak, sayang banget saya kesini tidak bawa anak-anak, pasti klo anak-anak di ajak mereka akan senang diruangan ini. Karena bisa bermain dengan fasilitas fasilitas di ruang anak.



Ruangan anak ini semacam playground tapi tema edukasi...hehhehe
Anak-anak bisa bermain profesi, belajar dongen karena banyak disediakan media media untuk mendongeng. Dan tentunya juga ada buku dan mainan edukasi anak, sehingga anak bisa betah lama-lama disini. Next, klo ada waktu kesini lagi, mau banget ajak anak-anak.

Tanpa saya pungkiri sekarang sudah banyak fasilitas yang dibuat oleh pemerintah secara gratis dan bisa di akses oleh masyarakat.  Ditambah fasilitas yang ada sudah sangat diperhatikan oleh pemerintah agar masyarakat bisa mengakses dan tentunya nyaman saat datang ke tempat seperti perpustakaan. Dulu yang ada di bayangan kita bahwa perpustakaan itu membosankan, sekarang perpustakaan termasuk salah satu whist list yang harus dikunjungi.

Untuk teman-teman yang ingin mengetahui info Peprustakaan Dikbud ini, bisa ya kunjungi Instgram nya di : instagram.com/perpustakaandikbud


Jadi, teman-teman jangan ragu datang ke Perpustakaan daerah kita masing-masing ya. Salam Literasi.

0 comments