Persiapan Backpacker ke Singapur dan Malaysia

 


Flash back beberapa tahun silam ya...Disclaimer di awal dulu

Untuk persiapan tiap orang berbeda beda, ini cerita persiapan saya bersama suami dan anak saya 2 tahun kala itu.

Beberapa persiapan yang mungkin bisa teman-teman pertimbangkan ketika ingin backpacker bersama anak dan suami tentunya, antara lain  Tentukan Tujuan

1. Pertama yang harus dilakukan adalah tentukan tujuan mau kemana kita pergi,  tujuan      disini yang dimaksud adalah negara atau kota mana yang akan kita datangi, karena ini      berperan penting untuk menyesuikan budget yang ada. Contohnya saya disini mau ke        Singapur dan Malaysia.

2. Pesan tiket 2-3 bulan sebelum ke berangkatan, ini membantu kita mendapatkan tiket         dibawah harga normal, hindari membeli tiket di high season, karena hanya                         keberuntungan bisa mendapatkan harga murah saat high season berlangsung.                   Backpacker kali ini saya mensiasati lewat jalur udara dengan tiket pesawat ke Singapur       terlebih dahulu, lalu dilanjutkan lewat jalur darat menggunakan Bus untuk menuju ke         Malaysia. Pulangnya lewat jalur udara dari Malaysia menuju Jakarta.

3. Membuat list tempat yang akan dikunjungi di Negara tujuan kita. Karena saya membawa anak kecil, jadi sebagian besar tujuan saya adalah tempat wisata anak dan sisanya tempat yang biasa dikunjungi para tourist. Rencana saya di singapur adalah mengunjungi Patung Singa Merlion dan Sea Aquarium tujuan utama dari perjalanan ini. Untuk di Malaysia tujuan utama adalah Legoland yang beada di  Johor Baru, lalu melanjutkan explore kota Kualalumpur seperti menara kembar dan Colmar tropicale selanjutnya mengunjungi yang biasa dikunjungi tourist.

4. Mencari akomodasi seperti penginapan, tiket masuk tempat tujuan. Ini bermanfaat untuk memudahkan saat kita explore negara tujuan kita dan lebih murah dipersiapkan dari Indonesia, karena kita bisa memanfaatkan promo promo yang ada di aplikasi langganan kita. Setelah menemukan akomodasi yang sesuai tempat dan budget kita, bisa langsung kita pesan dan check out agar harga promo tidak berubah.

5. Membuat Ittinary dan membaca review-review negara yang akan kita kunjungi. Ittinary buat sedetail mungkin ya agar memudahkan kita saat di negara tujuan. mulai dari jam, lokasi dan menggunakan akomodasi apa, juga rute jalan, agar kita tidak nyasar di negara orang.

6. Siapkan Mata uang negara yang akan kita kunjungi secukupnya. Sebaiknya untuk mata uang tukar langsung di Indonesia saja ya, menurut saya lebih murah.

7. Cari Komunitas Backpacer untuk saling tukar informasi pengalaman dan cari teman backpacker untuk sharing akomodasi, saya melakukan ini agar hemat budget dan hemat waktu saat explore Kota Malaysia.


Setelah semua disiapkan, pastikan untuk menjaga kondisi tubuh kita dan keluarga yang akan melakukan perjalanan backpacker ini, apalagi membawa anak-anak. Untuk detail perjalanan bersambung ke postingan selanjutnya ya...


0 comments