Singapur - Malaysia 5 Hari 4 Malam Part 1

Sebelum keberangkatan Hari-H, saya menyiapakn segala yang harus dibawa. Lalu kemudian saya membuat list barang yang dibawa apa saja dan di simpan dimana saja. Sudah menjadi kebiasaan membuat daftar check list agar sebelum berangkat, barang-barang tidak ada yang tertinggal. Untuk barang-barang yang sering digunakan, saya letakan ke dalam tas yang akan selalu dibawa kemana-mana, untuk baju ganti dan beberapa perlengkapan tambahan biasanya saya simpan dalam koper dan ransel.

Untuk internet, tiket, kartu tapping saya sudah pesan dari Indonesia langsung, agar disana tidak perlu mencari dan mengaktifkan kartu lagi. Untuk di Singapur saya lebih banyak  menggunakan transportasi umum, jadi saya menyiapkan Ez Link dari Indonesia. Untuk di Malaysia saya berencana menggunakan Grab dan menyewa mobil bersama dengan tempan perjalanan saya.

Day 1, 25 April 2018

08.00 - 11.30 kami menuju bandara Soekarno Hatta menggunakan Damri yang ada di Terminal Pulogebang menuju Terminal 3, kami berangkat lebih pagi karena memberi spare waktu takut macet di perjalanan.

Alhamdulillah jam 11.30 kami sudah sampai di Terminal 3, plan pesawat kami take off jam 14.00. Kami sekeluarga langsung check in, tidak perlalu antri lama jam 12 kami selesai check in. Sambil menunggu pesawat saya, suami dan anak saya berkeliling Terminal 3 dan tidak lupa makan siang, sebelum jam 14.00 ternyata ada pengumuman bahwa pesawat yang akan kami tumpangi mengalami delay, alhasil kami harus menunggu sampai dengan 15.20.

Pukul 15.20 pesawat akhirnya datang dan kamipun mulai menaiki pesawat dan bersiap siap menuju Bandara Changi, Singapur. Alhamdulillah tidak ada kendala selama perjalanan menuju Changi. Jam 18.00 waktu Singapur kami sampai, lanjut menuju imigrasi untuk antri keluar , ini membutuhkan waktu 30 menit. Untuk di Imigrasi Singapur,pastikan menyiapkan segala sesuatu seperti bukti booking hotel dan perjalanan agar tidak dicurigai ketika ditanya di imigrasi.

18.30 - 19.30 Kami menuju MRT Lavender untuk melanjutkan ke Hotel tempat menginap. yang tidak jauh dari MRT, karena baru pertama kali ke Singapur,alhasil kami nyasar dan bertanya tanya kepada warga lokal tempat kami akan menginap,  akhirnya jam 20.00 kami sampai juga di Hotel Ailwail.

20.00 Niat perjalanan jika tidak delay kami akan ke Patung Merlion, tapi karena anak kami lelah dan lapar,kami memutuskan untuk istirah saja dan melanjutkan perjalanan kami besok pagi.

Day 2, 26 April 2018

Bangun pagi sekitar jam 05.00, bersiap-siap untu mengexplore kota singapur. Untuk sarapan kami makan roti dan pop mie serta segelas susu untuk anak kami. Jam 7 pagi kami mulai berjalan kaki menuju masjid sultan, Kampung Glam dan Haji Lane. Hanya dengan waktu 1 jam kami sudah bisa mengexplore ke3 tempat tersebut dengan berjalan kaki. Salah satu keuntungan menginap di Ailwai adalah berdekatan dengan ketiga tempat tersebut.

Jam 8 pagi kami melanjutkan perjalanan menuju Universal Studio Singapur. Kami naik MRT Lavender menuju MRTHarbour Front. Untuk menuju USS bisa lanjut menggunakai bus/kereta lagi, tapi saya lebih memilih lewat Sentosa City Walk untuk menghemat biaya perjalanan. Kami disini hanya 2 jam saja, karena mau ke lokasi berikutnya.

Jam 10.00 - 11.00 langsung menuju Sea Aquarium yang masih berada di sekitaran sentosa Island & Mengexplore sea worldnya Singapur. Tidak jauh berbdeda koq dengan Sea World yang ada di Indonesia...hehhehe

Setelah mengexplore dari pagi hingga siang hari, kami memutuskan untuk Ishoma terlebih dahulu, agar mempunyai energi kembali demi melanjutkan perjalanan kami ini. Kami istirahat dan makan di Food Republic. Rata-rata makanan enak tapi kami memlilih Malysian Food Street agar cocok untuk lidah kami.

Jam 13.30 kami melanjutkan perjalanan menuju China Town, selain untuk berkeliling, kami berniat untuk membeli oleh-oleh disini. Untuk ke China Town bisa menggunakan MRT yang turun di stasiun MRT China Town keluar dari Exit A menuju Pagoda Street. Kami cukup 1 jam disini sambil beli oleh-oleh.

Lanjut 14.30-17.30 Saya bersama keluarga Menuju MRT Orchard untuk berkeliling Patung Merlion dan Tempat wisata lainnya di dekat patung singa, tidak lupa makan es krim 1 dolar ya. Siapkan fisik yang baik ya, memang dekat-dekat tempat wisata ini dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki, jadi pastikan fisik kita kuat sebelum memilih berjalan kaki.

Setelah puas berkeliling, kami memutuskan kembali ke Hotel agar besok lebih fit, karena perjalanan besok lumayan panjang. Jam 18.30 kami sudah sampai di hotel. Pak suami yang mencari makanan di luar karena saya dan anak sudah lelah sekali berjalan kaki hari ini. Senang sekali ketika paksu membawa makanan padang asli Indonesia dengan porsi yang banyak dan harga murah menurut saya. Ternyata singkat cerita dari paksu yang berjualan adalah orang Indonesia yang sudah lama tinggal di Singapur. Beruntung banget dapet makanan Indonesia disini. Setelah Solat Isya kami memutuskan untuk Istirahat tidur.

Budget Real Kami selama 2 hari ini, semoga membantu teman-teman yang akan kesini ya :

Tiket Pesawat CGK - SG dengan Air Asia + bagasi 20 kg untuk 3 orang 1.412.000
Hotel Aliwail 2 hari 1.031.200
Ez Link 2 pcs 400.000 (sekitar $40)
Sea Aquarium 2 pcs 600.000
Damri 2 orang 100.000
Makan $40
Oleh Oleh $45

Untuk budget pengeluaran disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing keluarga ya.

Karena besok kami akan pindah negara, jadi kami harus menyiapkan dan merapihkan perlengkapan kami sedikit demi sedikit....Untuk hari selanjutnya lanjut ke Part 2 ya....