Kenalan dengan Transportasi Umum di Jakarta Untuk Travelling Keliling Jakarta

Kota Jakarta termasuk kota yang sudah maju dalam transportasi umumnya, ada yang terjangkau yang bisa dibilang hemat, bisa juga memilih transportasi yang nyaman sesuai tujuan kita.


Yuk, kenalan sama transportasi di Jakarta agar mudah keliling jakarta dengan hemat dan tentunta nyaman.

1. Mikrotrans atau Jak Lingko

    Untuk Mikro trans saat ini masih ada yang berbayar, jika ingin yang gratis dan hanya menggunakan kartu elektronik bisa menggunakan Jak Lingko, Jak lingko pun sudah ter integrasi ke tempat wisata seperti Taman Tebet Eco Park.

Dok. Google

Dok. Google_Republika

Nah untuk kedua angkutan ini bisa digunakan sesuai tujuan travelling kita ya.

2. Transjakarta

Transjakarta atau yang kita kenal busway termasuk transportasi umum yang menjangkau tempat tujuan yang beragam dan jauh dengan ongkos flat 3.500, dan bisa lebih murah klo pergi naik TJ sebelum jam 05.00 subuh hanya cukup membayar 2.000 rupiah saja, bisa menggunakan aplikasi untuk bayar atau kartu elektronik ya.

Banyak tempat wisata yang di jangkau oleh Transjakarta ini seperti kota tua, perpustakaan TIM , dan masih banyak lagi. Jika belum yakin untuk pindah jalur atau transit saat menggunakan Transjakarta, bisa bertanya kepada para petugas yang stand by disana ya.


3. KRL (Kereta Rel Listrik) Commuterline

Salah satu transportasi favorit masyarakat Jabodetabek sh klo KRL ini, murah dan tidak macet pastinya. Untuk rate tergantung jarak ya, tapi untuk KRL Jabodetabek sendiri tidak sampe 10 ribu untuk jarak yang jauh sekalipun.

Dengan KRL banyak tempat wisata yang bisa dijangkau juga seperti Transjakarta, tergantung kita mau kemana dan efektif dari rumah kita. Apalagi klo mau ke kebun raya bogor, KRL termasuk pilihan tepat karena murah dan cepat.

Dok. Google

Untuk rute dan jalurnya sangat mudah dan tentu KRL sudah lebih nyaman daripada dulu walau tetap penuh ya, tapi setidaknya sudah lebih baik dari tahun saat saya masih kuliah dulu ditahun 2006,,,hehheh

4. MRT (Mass Rapid Transit)

Ini adalah moda transportasi umum ternyaman menurut saya,,,Tidak terlalu penuh dan nyaman pastinya, bisa menuju tempat tempat seperti Bunderan HI atau Taman Literasi Tiahahu di Blok M. Untuk rate sama tergantung jarak, sedikit mahal dari KRL, harga terjauh dari MRT sendiri tidak lebih dari 20.000 rupiah ya sekali jalan.

Dok. Wikipedia


5. LRT ( Light Rail Transit)

LRT sendiri termasuk moda trasportasi terbaru, agak high rate menurut saya, dan masih jarang ada karena tersedianya agak lama dari LRT 1 dengan LRT lainnya. Tapi keunggulan moda ini bisa menyambungkan Bekasi Ujung dengan Cibubur, bisa juga menuju Taman Mini Indonesia Indah menggunakan moda ini.

Dok. Indonesia Baik


6. Ojek Online

Moda terakhir klo lagi buru buru, karena sudah banyak beredar di kawasan Jakarta. Ada yang plat ijo, ijo item, kuning, biru dan lainnya.

Intinya ke tempat wisata Jabodetabak itu mudah karena sudah di support oleh transportasi umum yang beragam sesuai dengan efektif dan efisiensi kita ya.

Ayo naik transportasi umum...


0 comments