6 Ide LIburan Anti Mainstream


Libur Telah Tiba...Libur Telah Tiba...

Tidak terasa musim liburan anak sekolah sudah dimulai, kira-kira apa yang bisa dilakukan saat liburan anak sekolah agar liburan terasa menyenangkan.

Ada 6 Ide Liburan dari saya yang bisa dilakukan agar liburan tidak bingung :

1. Staycation



Bagi pecinta mageran, tidak mau jalan jauh ataupun tidak suka macet-macetan. Teman-teman bisa pilih staycation saja didaerah yang nyaman dan tentunya kids friendly sehingga bisa melakukan aktifitas yang menyenangkan hanya didalam tempat yang kita inap.

2. Camping



Bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja tapi tidak punya tenaga lebih buat kegiatan outdoor yang menantang adrenalin. Tenang saja Ayah Bunda bisa memilih aktivitas outdoor simpel tapi tetap dapat pengalaman dan tentunya bonus udara yang segar.

Ayah Bunda bisa mencoba camping untuk liburan, saat ini sudah banyak tempat camping yang nyaman dan viewnya menyegarkan mata. Ayah Bunda tidak usah khawati jika ingin canping tapi tidak mempunyai alat camping, bisa pinjam teman ataupun sewa di area camping karena di area tersebut juga menyewakan alat camping. Tapi bisa juga camping di cabin ataupun glamping yang sudah banyak beredar dimana-mana.

3. Trekking



Kegiatan aktivitas ini bisa dibilang cukup menantang tapi masih bisa dilakukan oleh pemula dan panduan tour guide. Biasanya orang-orang melakukan trekking karena ingin latihan atau berpetualang dengan waktu yang cukup singkat karena kegiatan ini bisa dilakukan PP alias pulang pergi tanpa menginap. Jika masih bingung mau trekking kemana, Ayah Bunda bisa mencari informasi di internet dan menggunakan jasa layanan yang membuka open trekking. Jadi aman kan.

4. Hiking



Ingin mencoba liburan menantang, aktivitas hiking atau naik gunung ini bisa dicoba. Tapi pastiakan ayah bunda mempunyai persiapan yang matang bukan hanya uang atau perlengkapan hiking tapi juga fisik yang mumpuni. Semua orang bisa hiking selama mengikuti SOP yang ada di Taman Nasional. Untuk pemula usahakan untuk hiking ke gunung yang belum terlalu tinggi dan treknya cukup mudah dilalui oleh pemula. Bisa coba hiking ke bukit lanjut pegunungan yang treknya sudah bersahabat.

5. Rafting



Ada yang sudah pernah dengar Rafitng atau arung jeram. Salah satu kegiatan yang memacu adrenalin ini perlu dicoba untuk liburan bersama keluarga. Untuk arum jeram sendiri minimal usia anak sudah 9 tahun ya karena posisi diperahu karet lumayan perlu kekuatan tumpuan pada kaki. Bisa coba di aluran air di sungai ciliwung, citarik atau citatih jika kalian tinggal di Jakarta.

6. Caving



Caving atau susur goa ini yang paling unik karena perlu persiapan lebih, untuk yang takut kegelapan tidak disarankan untuk liburan kesini ya. Tapi yang tertantang dan kepo ada apa di dalam goa boleh banyak dicoba. Susur goa pun ada beragamnya, ada yang goa horizontal cukup dengan berjalan bisa di explore dan ada juga goa vertikal, dimana goa vertikal ini perlu perlengkapan khusus jika ingin explore, karena membutuhkan alat ascending dan descending.


Jadi, dari 6 kegiatan liburan diatas, kira-kira kalian tertarik Kemana???


0 comments