Perpustakaan Jatinegara Versi Renovasi Part 1

 Melihat Lantai 1 Perpustakaan Jatinegara-Jakarta Timur







Perpustakaan Jakarta Timur ini berlokasi di Jl. Jatinegara Timur IV Komplek Pendidikan Rawa Bunga , Jakarta 13350. Lokasinya cukup unik dan tersembunyi atau bisa dibilang hidden gem bagi pecinta buku. Berdekatan dengan Kelurahan Rawa Bunga dan dikelilingi berbagai macam sekolah mulai dari PAUD, SD hingga SMA. Untuk memudahkan masyarakat umum tentang perpustakaan ini, maka biasanya disebut Perpustakaan Jatinegara.

Untuk jam layanan di Perpustakaan ini adalah: 

Senin - Jumat dari jam 09.00 - 17.00 
Sabtu - Minggu dari jam 09.00 -14.30

Tapi jika hari libur nasional dan cuti bersama, maka pelayanan ditutup.

Setelah kita jalan menuju pintu masuk, kita akan diperlihatkan banyak mobil-mobil dengan ciri khas tertentu. Ternyata itu adalah mobil yang digunkan untuk perpustakaan keliling ke daerah-daerah yang ada di Jakarta Timur; seperti rusun, sekolah, taman atau tempat lainnya.

Perpustakaan Keliling 

Perpustakaan keliling (Pusling) tidak hanya mobil, tapi Perpustakaan Jatinegara juga menyediakan Pusling dengan motor untuk daerah-daerah yang tidak bisa masuki oleh mobil.

Setelah melewati banyak mobil dan motor yang ada, kita akan di sambut oleh Security penjaga buku tamu yang akan ditanya tujuan kita datang ke perputakaan. Ternyata di Perpustakaan Jatinegara ini tidak hanya bisa membaca buku karena ada juga acara tentang meningkatkan literasi untuk anak-anak, pustakawan, guru ataupun masyarkat umum lainnya dalam bentuk workshop.




Setelah mengisi buku tamu kita dipersilahkan untuk menuju ruangan yang akan dituju atau menunggu jika masih ingin menunggu. Untuk yang membawa barang banyak, bisa menitipkan tas di loker yang tersedia.

Lalu ada apa saja dilantai 1 setelah di rapihkan atau renovasi.

  • Loker
          loker di lantai 1 ini baru ada di tahun 2024, karena terakhir saya datang bulan Februari belum ada loker dilantai ini.
  • Aula
        Aula juga terlihat lebih rapih yang mana panggungnya sudah lebih tertata dan juga terdapat ruang tunggu untuk para narasumber jika ada acara disini.

  • Tangga 
        Stiker tangga juga sudah ditulis baru dan lebih membuat semangat
  • Pantry & Toilet
         Pantry dan toilet juga nyaman dan bersih



Tidak perlu khawatir untuk mencari lokasi di lantai 1 ini karena sudah ada petunjuk yang jelas di lantai ini.




Untuk sekolah, komunitas atau lembaga lainnya jika ingin mengadakan acara di Perpustakaan Jatinegara Jakarta Timur ini sangat diperbolehkan dengan cara mengirimkan surat permohonan dan menjelaskan detail tujuan yang diinginkan. 

Jadi, ayo ke Perpustakaan Jatinegara Jakarta Timur.

0 comments