Saya Hanya Penulis Recehan...

 Kemendikbudristek Membantu Meningkatkan Literasi Masyarakat


Peserta Pelatihan Menulis

Kemendikbudristek selalu mendukung kegiatan yang bisa mengembangakan kemampuan masyarakat. Salah satunya adalah Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM).  Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat adalah biro yang mempunyai tugas untuk melaksanakan penyiapan bahan pembinaan dan penyelenggaraan kerja sama luar negeri dan fasilitasi kerja sama dalam negeri serta pelaksanaan urusan publikasi dan hubungan masyarakat. Informasi lebih lanjut bisa mampir ke web BKHM Kemdikbudristek. Salah satu yang difasilitasi untuk membangun masyarakat adalah pelatihan menulis yang bertujuan agar para masyarakat dapat menulis dengan baik. 


Selain bertujuan unutk membantu menulis dengan baik, pelatihan ini juga melatih bagaimana cara penulisan dengan banyak cara seperti menyiapkan draft 5W1H yang membantu para peserta pelatihan bisa menulis sesuai dengan kerangka, untuk para peserta yang sudah mempunyai pengalaman juga disediakan paparan menulis dengan cara story telling agar tulisan menarik dan banyak pembaca yang membacaknya. Tingkatan lanjutan bagi seorang penulis adalah ingin tulisannya menjadi trending dengan cara melakukan analisa melalui cara SEO. 

Pelatihan menulis ini diadakan di Jakarta, yang mana durasi pelatihannya adalah 3 hari 2 malam yaitu pada tanggal 3-5 Juli 2024.


Para Peserta Pelatihan



Para peserta pelatihan menulis ini adalah orang-orang yang sudah terpilih dan terkurasi dari pihak panitia yang menyelenggarakan. Ada ibu rumah tangga yang diwakili oleh Sidina Community, ada guru, ada mahasiswa dan beragam profesi yang ada.

Untuk narasumber yang memberikan pelatihan tidak sembarang orang, tapi mereka adalah orang-orang yang sudah berpengalaman dalam bidangnya.

1. Ibu Budiana

Narasumber 1



Materi 1



Jujur untuk materi ini sangat membantu sekali untuk para penulis pemula seperti saya. Karena membantu dalam membuat konsep dengan 5W1H dan alur yang mudah dipahami sehingga tulisan yang dibuat tidak hanya dalam angan atau selembar kertas kosong.


2. Bapak Dwi Santoso

Narasumber 2

Materi 2


Untuk materi kedua ini memberikan paparan bagaimana tulisan kita menarik dengan cara bercerita sehingga para pembaca bisa membaca dari awal hingga akhir. Ternyata perlu ada teknik-teknis yang dilakukan agar tulisan kita nantinya sudah mernarik walau hanya lewat judul saja.

3. Bapak Radius



Narasumber 3

Materi 3

Untuk materi ketiga ini, salah satu yang bisa membantu tulisan kita lebih optimal dalam pencarian sistem atau yang biasa dikenal yaitu SEO. 


Tiga narasumber tersebut sunggu membantu sekali untuk penulis awal seperti saya karena bisa mulai memprakitikan cara yang telah dijelaskan oleh para narasumber. Tentu tidak mudah mempraktikannya secara langsung dan sekaligus. Tapi dari ketiga narasumber tersebut yang menurut saya lebih mudah saya praktikan adalah konsep 5W1H. Karena tujuan saya menulis adalah bagaimana tulisan saya bisa menjadi kerangka yang baik, sehingga para pembaca memahami isi dari tulisan saya.

Pelatihan menulis ini dilakukan secara workshop yang mana para narasumber tidak hanya memaparkan materi tetapi juga mempraktikan secara langsung dan didabahs itu juga. Sehingga para peserta pelatihan dapat bertanya apabila dalam praktiknya tidak memahami secara mendalam atau detail.

Tentu dengan adanya pelatihan ini diharapkan para peserta dapat membuat tulisan yang baik dan bermanfaat bagi diri sendiri khususnya serta masyrakat luas pada umumnya. Dimana tulisan ini bisa menjadi salah satu ikhtiar kita untuk memajukan Literasi di Indonesi.

0 comments